Friday, May 23, 2008

Pertemuan Dengan Manatee

INSPIRASI PAGI/ IMELDA FM


(Catatan : Manatee atau lembu laut adalah hewan mamalia yang hidup di laut. Tubuhnya lebih besar dari anjing laut atau singa laut. Panjang tubuh manatee dewasa sekitar 3 meter dengan berat badan 500 kilogram. Manatee bernafas dengan paru-paru, melahirkan dan menyusui anaknya)

Saat berjalan sendiri di pantai terpencil di Florida selatan, saya dikejutkan dengan suara deburan air dan desahan nafas yang dalam dari arah lepas pantai.Saya memicingkan mata ke arah suara itu, melihat mahluk laut dengan punggung warna kelabu muncul ke permukaan, berputar dan menyelam lagi di teluk. Beberapa saat kemudian hidung yang besar muncul dari air menghirup udara dan menyemburkan uap air ke udara dari nafasnya. Itu adalah manatee, dan melihat dari warna air yang kemerahan dan caranya menggelepar di air, tampaknya dia ada dalam masalah.Saya sering melihat manatee di perairan hangat ini, tetapi tidak pernah melihat yang bertingkah seperti itu sebelumnya. Biasanya hanya cuping hidung yang muncul ke permukaan air untuk menghirup udara, kemudian mereka menyelam dengan lambat di antara rumput laut untuk mencari makanan. Tetapi saya juga tahu, bahwa raksasa yang lamban ini sering terluka karena baling-baling kapal atau perangkap kepiting.Saya ingin menolong, tapi apa yang bisa saya lakukan? Tidak ada seorang pun di pantai saat itu, dan telpon yang terdekat untuk memanggil patroli pantai jaraknya beberapa kilometer jauhnya.

Saya melemparkan ransel ke pasir, dan mulai berlari ke arah binatang itu, yang menggeliat dengan gelisah. Air masih setinggi pinggang saat saya cukup dekat untuk mendorong moncong menatee yang berbulu keluar laut. Kemudian, saya dikejutkan dengan munculnya moncong menatee yang lebih kecil, menyembul disampingnya.Saya mendorongnya ke tempat yang lebih dalam, tetapi sekarang beberapa menatee datang ke arah saya. Sebelum memahami apa yang terjadi, saya yang sekarang berada di air setinggi dada dikelilingi bukan hanya satu atau dua, tetapi paling sedikit tiga manatee. Saya merasa kegirangan dan sedikit pusing seperti seorang anak yang bermain putar-putaran di halaman sekolah.Sebuah hidung bulat muncul di samping saya. Di air yang tembus cahaya, saya bisa melihat dengan jelas tubuh dari mamalia laut yang besar itu, dan tepat disampingnya ada tubuh kecil yang berenang mengikuti.Kemudian, dengan gerakan lambat yang anggun dari sebuah mahluk laut yang besar, manatee yang lebih besar mendorong bayi menatee dengan siripnya yang berbentuk dayung ke permukaan air di samping saya. Saya ingin memeluk dan menyentuh bayi itu, tetapi saya mengurungkannya karena tidak paham aturan yang ada diantara menatee.

Saat kedua tubuh besar itu menyelam ke air, dua menatee yang lain bergerak dari belakang dan saling berputar, menyentuh tubuh saya dari samping. Mereka berputar dan mengulangi gerakannya, kali ini diikuti oleh si ibu dan anaknya. Merasa lebih berani karena gerakan awal mereka, dan saya membiarkan tangan saya terentang untuk menyentuh bayi menatee yang menempel di punggung ibunya saat mereka melintas. Kulitnya terasa elastis dan kuat seperti botol air panas jaman dulu.Kelompok menatee itu membuat beberapa putaran lengkap lagi. Ketika saya melihat mereka senang menyentuh saya, saya juga memegang tubuhnya saat mereka berenang melintas. Ketika mereka memutar badannya setelah itu, saya tahu bahwa mereka menyukai apa yang saya lakukan.Akhirnya, teman-teman baru saya berenang menjauh ke air yang lebih dalam. Saya berdiri mematung sampai ada gelombang besar yang datang memaksa saya kembali ke pantai.Saya masih tidak menyadari apa yang terjadi pagi itu. Saya berpikir bahwa para manatee itu mengikutsertakan saya dalam merayakan kelahiran anaknya; dimana saya diijinkan untuk bertemu dengan anggota baru dari kelompok mereka. Saya melewatkan semua pengalaman menarik itu tanpa keragu-raguan.

Selama pertemuan yang tak terduga itu, saya merasa lebih bisa memahami irama kehidupan dari planet yang luas ini lebih dari sebelumnya. Ingatan itu berubah menjadi lagu yang saya nyanyikan jika saya sedang gembira dan ingin menari bersamanya.Selanjutnya setiap tahun, di minggu terakhir bulan Mei, saya membungkus makan siang dan pergi ke pantai yang tepencil itu lagi untuk merayakan kelahiran bayi manatee. Setelah semua yang terjadi, anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan muncul di pesta itu.

(Oleh Linda Ballou)


dari milis motivasi

No comments: