Tuesday, May 01, 2012

Singa dan Tikus

Suatu hari singa sedang tidur ketika seekor tikus berjalan atas dan ke bawah punggungnya. Hal ini membuat sang singa terbangun, dan segara membuka rahangnya yang besar untuk menelan sang tikus. “Jangan,” teriak tikus kecil: “maafkan saya kali ini. Saya tidak akan pernah melupakan pengalaman ini. Siapa yang tahu dikemudian hari saya bisa membantumu?” Singa itu tertawa keras mendengar perkataan sang tikus bahwa ia bisa membantunya. Singa lalu mengangkat kakinya dan membiarkan sang tikus pergi. Beberapa hari kemudian sang singa terjebak dalam sebuah perangkap. Ia berusaha menarik tali yang melilit tubuhnya dengan sekuat tenaga, tapi tali itu terlalu kuat. Saat itu sang tikus kebetulan lewat, dan melihat keadaan sang singa dengan sedih. Ia lalu pergi menghampiri singa dan dengan gigi kecilnya yang tajam sang tikus menggerogoti tali dan membebaskan sang singa. “Kau pernah menertawakan saya,” kata tikus. “Anda pikir saya masih terlalu kecil untuk berbuat kebaikan? Tapi lihat, Anda berutang hidup kepada seekor tikus kecil yang buruk.” Moral dari cerita tadi adalah bukan ukuran melainkan sebuah tindakan yang penting. Walaupun tindakan tersebut adalah sebuah tindakan yang kecil. Kebaikan kecil membuat perbedaan dalam cara yang Anda mungkin tidak menyadari! SUMBER: gemintang.com

No comments: