Tuesday, August 23, 2011

13 Alasan Puasa Mengubah Hidup Anda


Ramadhan tahun ini akan segera berakhir, dan kita akan masuk ke bulan Syawal, merayakan Hari Kemenangan. Setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan ini, tentunya ada perubahan yang Anda alami. Tidak hanya belajar sabar dan menahan diri, ada berbagai pelajaran berharga yang tidak kita sadari dari berpuasa. Memang...secara umum tujuan berpuasa adalah untuk membersihkan hati manusia dari dosa, untuk menyucikan kembali jiwa dan hati. Namun ada manfaat, alasan dan tujuan yang lebih praktis, yang bisa membantu Anda lebih mudah meresapi hikmah puasa.

1. Puasa MENDEKATKAN DIRI kita pada Tuhan, dan membuat kita lebih mudah mengungkapkan kesulitan serta merasakan kemurahan hati dari Allah sendiri.

2. Puasa mengajarkan KEPATUHAN. Ketika memutuskan tidak berpuasa, Anda masih bisa melanjutkan hidup seperti biasa. Namun karena Anda mau patuh pada ajaran agama, maka Anda pun bertekad untuk melakukannya.

3. Membantu Anda menemukan KEBAHAGIAAN yang sesungguhnya melalui kesederhanaan, pengekangan diri dan perayaan kebahagiaan yang tidak berlebihan.

4. MEMAHAMI rasanya kehausan dan kelaparan. Bagi Anda yang biasa kelaparan karena diet, penderitaan kaum papa yang kelaparan mungkin tidak menyentuh hati Anda. Saat puasa inilah Anda akan sadar bagaimana rasanya kelaparan dan kehausan sepanjang hari dan setiap hari.

5. Dengan puasa kita belajar untuk MENERIMA keadaan sulit yang harus diterima, yang tidak bisa diubah lagi. Semangat ini sama dengan sikap kita yang tawakal menanti saat berbuka dan menahan diri selama satu bulan penuh.

6. Puasa melatih kita untuk KONSENTRASI dan mau berusaha demi sesuatu yang diyakini. Saat amarah dan emosi datang, kita akan belajar menjadikan moral sebagai prioritas dalam menyelesaikan masalah.

7. Puasa mengajarkan manusia untuk BERSERAH DIRI dan PERCAYA akan kuasa-Nya di saat menghadapi saat-saat sulit. Mungkin Anda memiliki penyakit maag yang sepertinya tidak memungkinkan untuk puasa, namun nyatanya banyak juga yang bisa berpuasa penuh.

8. Sekian jam lamanya tidak makan dan hanya sedikit waktu untuk berbuka mengajarkan untuk BERSYUKUR di saat senang dan sabar serta bertekun di saat sulit. Ini juga mengajarkan agar kita tidak bersenang-senang terus-terusan hingga lupa diri.

9. Selama puasa amarah harus DITAKLUKKAN, bukan DIALIHKAN. Hal ini pelatihan berharga untuk kemudian diterapkan dalam hidup Anda setelah bulan Ramadan.

10. Ada batasan untuk sahur, ada waktu khusus untuk berbuka dan taraweh. Melalui puasa Anda juga diajarkan untuk TEPAT WAKTU dan DISIPLIN.

11. TOLERANSI dan MEMAAFKAN adalah poin klasik yang selalu berlaku sepanjang masa. Puasa mengajarkan dua hal ini yang walaupun klasik, namun tetap saja tidak bisa dilaksanakan dengan baik oleh manusia.

12. Penahanan diri selama puasa juga mengajarkan Anda dalam MENGATUR EKONOMI. Dengan berhemat dan memilah-milah pengeluaran yang tidak berlebihan, kini Anda tahu bahwa sebenarnya selalu ada saja uang yang bisa diamalkan untuk orang lain.

13. Puasa juga MEMATANGKAN pribadi seseorang. Dengan kemauan untuk memaafkan, menahan diri dan bisa membuat prioritas, pribadi Anda akan benar-benar dimatangkan melalui proses puasa.

Bagaimana Kerabat Imelda...sudahkah Anda merasakan segala manfaat tersebut???

SUMBER: kapanlagi.com

2 comments:

An Maharani Bluepen said...

insya Alloh..
trims a lot, inspirasinya, IMELDA..:d

angga sixmart said...

inspirasi yang bagus :)
http://anggasixmart.blogspot.com/